Rabu, 08 Januari 2014

Mengapa Harus Zakat dan Sedekah??

Mengapa Harus Zakat dan Sedekah??

Zakat adalah sejumlah harta yang dikeluarkan dari jenis harta tertentu dan diberikan kepada orang-orang yang tertentu dengan syarat yang ditentukan pula. Harta itu disebut zakat karena ia membersihkan orang yang mengeluarkannya dari dosa, membuat hartanya berkah, dan bertambah banyak.
Zakat hukumnya adalah wajib. Sebagaimana firman Allah SWT dalam kitab-Nya.
 “Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada Rasul supaya kamu diberi rahmat.” (QS An-Nur[24]: 56)
Ada dua manfaat besar yang diberikan dalam melaksanakan zakat itu sendiri, yaitu:
  1. Manfaat bagi muzaki. Manfaat ibadah zakat bagi muzaki adalah membersihkan jiwa mereka dari sifat kikir, bakhil, loba, dan tamak. Menanamkan rasa cinta kasih terhadap golongan dhuafa. Membersihkan harta yang kotor karena dalam harta mereka ada hak orang lain yang harus dikeluarkan. Mempergunakan kekayaan pemilik apabila memberikan zakat dilandasi dengan rasa ikhlas dan terhindar dari siksa akhirat.
  2. Manfaat bagi kaum dhuafa. Manfaat zakat bagi mustahik adalah menghilangkan rasa dengki dan benci kepada orang kaya yang tidak memerhatikan penderitaan orang lain. Selain itu, menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT dan menanamkan simpati kepada orang lain, meringankan beban hidup serta memeroleh modal kerja untuk kehidupan yang layak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar