Minggu, 02 Februari 2014

4 SUMBER PERMODALAN DALAM BISNIS

4 Sumber Permodalan Dalam Bisnis

4 SUMBER PERMODALAN DALAM BISNIS

  1. Pribadi. Jika Anda berasal dari kalangan yang memiliki kecukupan atau tergolong kaya keuangan maka modal bisa berasal dari pribadi. Dalam pengembangan bisnis pun bisa jadi modal ini berasal dari modal pribadi.
  2. Lembaga Keuangan. Modal yang bersumber dari lembaga keuangan mungkin sudah lama kita ketahui. Banyak orang yang mendapatkan modal bisnis dari lembaga keuangan. Lembaga keuangan yang saya maksud seperti Bank, Lembaga Ventura, dan lembaga yang meminjamkan modal bagi para pengusaha lainnya.
  3. Hutang. Dalam beberapa text book yang pernah saya baca, hutang merupakan modal awal dalam berbisnis. Yang terbaik dalam text book itu. Tapi mohon maaf saya punya pandangan, pengalaman, dan analisa lain terhadap modal terbaik dalam berbisnis. Terlepas dari itu semua, sumber modal dari hutang merupakan salah satu alternatif dalam memulai bisnis dan mengembangkan bisnis.
  4. Investasi. Investasi menurut saya merupakan sumber permodalan yang paling aman dalam berbisnis. Tapi ingat, saya punya pengertian sendiri untuk istilahInvestasi yang saya maksud. Hilangkan berbagai penjelasan investasi yang Anda pernah dapatkan. Saya punya pengertian sendiri dan saat ini dan selanjutnya ketika Anda membaca, memikirkan, dan melaksanakan sajian ini fokuslah pada pengertian investasi yang saya maksud.  Investasi yang saya maksud adalah investasi antara seseorang personal maupun komunal yang disebut investor atau kumpulan investor dengan pengusaha. Investor atau kumpulan investor ini akan diuntungkan jika bisnis Anda untung dan akan ikut berbagi kerugian jika bisnis Anda tertimpa kerugian. Inilah yang saya maksud. Investor pun di bagi lagi menjadi setidaknya empat sumber yakni keluarga,temanprofesional investor, dan fourth investor
 “Investor atau kumpulan investor ini akan diuntungkan jika bisnis Anda untung dan akan ikut berbagi kerugian jika bisnis Anda tertimpa kerugian.”
Empat sumber ini bisa Anda kembangkan sendiri sebagai sumber dari setiap bisnis Anda. Kalau Anda yang sudah berbisnis, dari mana modal Anda? Mari berbagi inspirasi dengan yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar